Laman

Tampil Lebih Cantik Dengan Busana Hoodie


HOODIE, Setelah muncul tunik, gamis, abaya, dan kaftan, kini muncul busana muslim model hoodie.Model ini diminati kaum perempuan lintas generasi.
Baju muslim model hoodie adalah potongan baju, bisa berupa gamis, blus atasan maupun tunik yang dilengkapi dengan penutup kepala.Bagian kepala ini langsung menyatu dengan bahan baju tersebut sehingga bisa dikenakan secara one piece.

Busana muslim model baju hoodie konon diadaptasi dari beberapa model baju muslim yang populer di kawasan arab dan timur tengah.perpaduan itu datang dari model gamis longgar- abaya, dan tunik yang jadi pakaian wajib masyarakat muslim maroko.Bentuk penutup kepala yang langsung menyatu dibuat dari modifikasi jilbab agar lebih praktis dikenakan.












Kemunculannya didunia mode Indonesiaa terjadi dalam beberapa bulan terakhir.Salah satunya adalah artis cantik sekaligus mantan    penyanyi cilik Puput Melati.Beberapa kali dia tampil ditelevisi mengenakanhoodie.Tak heran jika baju hoodie atau dikenal juga dengan sebutan "Jilbab Puput Melati" atau "Gamis Puput  Melati"

Tak ayal, penjual busana muslim grosir jibab murah mendadak kebanjiran permintaan hoodie.Begitu juga dengan para desainer yang mulai berkreasi membuatnya.Bahan yang digunakan biasanya berjenis katun, rayon, dan kaos spandek.Lantaran karakteristik bahan tersebut yang "mudah diatur", maka ketika dikenakan jatuhnya akan fit to body atau pas mengikuti bentuk tubuh.

Bentuk hoodie tidak melulu gamis dan tunik, tapi ada juga yang berbentuk kaus atasan,  atau babydoll. Agar tidak terlalu menonton,  kini hadir berbagai modifikasi hoodie,  seperti varian motif yang lebih banyak, penambahan aksesori ikat pinggang, dan potongannya yang mengambil detail dibagian tertentu.Ada juga hoodie berupa gamis, baju terusan, juga terusan atasan, serta bawahan model celana harem.salah satu desainer yang ikut mengangkat hoodie adalaah Dian Pelangi.Menurut dia, baju hoodie ini sedang sangat booming dikalangan anak muda, terutama dalam beberapa bulan terakhir ini.Dian juga tak ketinggalan merancang koleksi hoodie dengan berbagai variasi agar terlihat segar dan dinamis."Hoodies sedang sangat disukai kaum perempuan- terlebih anak muda.Selain sedang  berkembang menjadi trend, penggunaannya pun cukup praktis dan terlihat modern. Saya sendiri suka dengan model ini," sebut desainer berusia 20 tahun itu disela-sela konfrensi pers peluncuran Jakarta Fashion Week, beberapa waktu lalu.

Baju hoodie kemudian diterjemahkan Dian lewat beberapa modifikasi pada bagian penutup kepala.Tidak melulu menyatu pada baju.Dian pun mencoba membuat kreasi dengan mengutak-atik bahan yang ada menjadi jilbab hoodie atau kerudung hoodie yang lebih fashionable.Hasilnya cukup memuaskan karena banyak pelanggan yang minta diajarkan membuat kreasi jilbab seperti ini.

"Saya suka mengeksplorasi banyak hal, salah satunya dengan kreasi jilbab.Pengin saja membuat tampilan jilbab yang berbeda, tapi tetap tidak keluar dari tren yang ada saat ini.Hoddie juga kan bisa dibuat bermacam gaya," lanjutnya.

Baju hoodie lazimnya tidak perlu lagi membuat si pemakainya mengenakan jilbab lagi karena sudah ada topi yang menyatu dengan baju.Namun topi atau penutup kepala yang dimaksud tidak cukup rapat menutup seluruh bagian rambut alias tidak sesuai syar'i bagi wanita muslimah yang memakainya.
Untuk mengatasi hal tersebut, pemakai hoodie (terutama yang mengenakan jilbab) biasanya disarankan menggunakan dalaman "ninja".Sebutan "ciput ninja" kian popiler bersamaan dengan tren baju hoodie yang berkembang pesat.

Bentuk dalaman ini berbeda dengan dalaman ciput atau dalaman jilbab lainnya karena bisa sekaligus menutupi bagian leher sehingga jika dilihat lebih jauh menyerupai kostum ala ninja.
"Hoodie lebih cocok dipadukan dengan dalaman "ninja" karena dilihat dari modelnya yang tidak begitu rapat, memungkinkan bagian rambut serta leher terlihat, sedangkan dalaman ciput "ninja" bisa menutupi kekurangan itu.Dalaman biasa hanya bisa menutupi bagian rambut saja, leher tidak," sebut Dian di acara gelar produk grosir jilbab murah.

Dalaman "ninja" umunnya terbuat dari bahan kaus jersey, spandek dan rayon.Masing-masing punya karakteristik tersendiri,  tapi yang paling nyaman dikenakan adalah dalaman ciput "ninja" berbahan spandek dan kaos jersey karena tidak licin dan pas mengikuti bentuk wajah.
Jika saat ini hoodie kebanyakan hanya terbuat dari bahan spandek dan rayon, bukan tidak mungkin beberapa waktu kedepan para desainer busana muslim akan membuat kreasi yang lebih spektakuler dengan mengangkat konten lokal kedalam rancangan hoodie.

Pustaka:HU SINDO 06SEP2011        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peluang Usaha Rumahan | Peluang Usaha Modal Kecil | Powered by blogger.com | Template Simple | Terima kasih atas kunjungan Anda